Pencarian

Sunday, October 05, 2008

Jenis Virus

Jenis Virus

Virus berdasarkan sasaran penyebarannya :

1. Virus boot sector :

Virus ini didesain oleh pembuatnya untuk menginfeksi boot sector, yakni bagian dari sebuah media penyimpanan (disket atau hard disk) yang pertama kali dibaca oleh sistem operasi saat media tersebut dibuka. Sekali media penyimpanan ini terinfeksi, data yang tersimpan di dalamnya akan hancur lebur.

2. Virus file

Virus ini bekarja dengan cara menyisipkan programnya dalam sebuah file. Sasaran virus jenis ini adalah file yang namanya berakhiran .COM atau .EXE. Selain melakukan penularan, virus file acapkali menambahkan perintah-perintah tertentu pada kode program yang ditularinya. Umumnya virus semacam ini memiliki sifat sebagai “bom waktu”, dimana program virus akan melakukan aksinya pada waktu-waktu tertentu yang telah ditentukan oleh si programer. “Aksi” ini bisa bermacam-macam, mulai dari yang ringan seperti menampilkan pesan dan membunyikan speaker secara tiba-tiba, hingga melakukan perusakan dengan menghapus seluruh data dalam hard disk.

3. Virus macro

Virus ini menginfeksi file data dari perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word (berekstensi .COM). Virus jenis ini memiliki ribuan varian dengan aneka macam jenis gangguan. Mulai dari yang hanya menampilkan pesan pada waktu-waktu tertentu, hingga melakukan perusakan file.

Dikutip dari : Komputer dan Komunikasi , Jelajahi Sains Populer, Penerbit :Duta Grafika, Oleh: Deny Riana

3 komentar:

fian_imoet said...

hiii pe........
wah bangus juga yach.......
oy ngopi dari mana??

Anonymous said...

sblmya "happy new year"

bagus juga tuk menambah wawasan tentang jenis virus.
thanks yaaa

Anonymous said...

perasaan fian salah dech...
disitu dah lgkp asal usul kutipannya..
g bca yaaa

Post a Comment

Terima Kasih Atas Pesan Anda